Model Kanopi Rumah Minimalis – Membangun rumah yang memiliki nilai-nilai pendidikan, kesehatan dan juga kenyamanan memang memerlukan p...

Tips memilih model canopy minimalis

Model Kanopi Rumah Minimalis – Membangun rumah yang memiliki nilai-nilai pendidikan, kesehatan dan juga kenyamanan memang memerlukan penanganan khusus dan perhatian yang lebih. Tidak bisa kita hanya menyerahkan kepada kontraktor hal-hal yang sebenarnya bisa kita ketahui dalam memilih model rumah minimalis dan komponen-komponennya. Pada tip-tip membangun rumah dari bengkel Arbainlas Ciamis kali ini, kami akan membahas mengenai model kanopi rumah minimalis.
Arbainlas-Ciamis


Tips Memilih Model Kanopi Minimalis

Model kanopi rumah minimalis
Supaya tahan lama dalam penggunaanya, awet dan kuat dalam menahan segala macam cuaca, memasang kanopi rumah ada teknik dan trik khususnya. Trik-trik ini dilakukan untuk memperpanjang masa pakai kanopi rumah Anda. Jika cara-cara berikut ini dilakukan dengan baik, kanopi rumah Anda dijamin tahan terhadap perubahan cuaca seperti hujan dan angin.  Hal ini selanjutnya akan membuat model kanopi rumah minimalis Anda tahan lama.

Pilih Atap Kanopi Terlebih Dahulu

Langkah pertama pilihlah bahan atap dari kanopi rumah Anda. Bahan atap kanopi yang baik terbuat dari bahan polycarbonate. Bahan ini bersifat tidak mudah pecah setelah pemasangan. Jika mudah pecah air hujan gampang masuk mengenai kontruksi, baik dari stainless steel maupun besi. Akibatnya, kanopi akan terlihat kotor dan berkerak. Stainless steel dengan kadar rendah akan mudah berkarat, apalagi dengan menggunakan kontruksi besi sangat mudah berkarat.

Kanopi Berbahan Polycarbonate

Namun sayangnya, kontruksi besi inilah yang biasanya digunakan sebagai tempat menempel polycarbonate. Air hujan bisa merembes ke dalam melalui taping screw. Sehingga lubang untuk menempel taping screw yang terkena air hujan tersebut mudah berkarat. Jika atapnya terkena tekanan angin, terutama tekanan angin dari bawah ke atas, akibatnya polycarbonate terlepas dari konstruksi  rangka kanopi.

Tip Memilih Atap Untuk Kanopi Minimalis

Dan hal yang paling sering ditanyakan oleh orang yang sedang ingin membangun atap dan kanopi rumah adalah “bagaimana memilih atap untuk kanopi rumah minimalis?” Bahan apa yang sebaiknya digunakan untuk kanopi yang tahan lama? Kanopi rumah tetangga saya berisik saat turun hujan, supaya tidak berisik memakai bahan apa? Untuk level minimal, apakah bahan yang sering tersedia sekarang ini sudah cukup bagus kualitasnya?

Memilih Atap Dan Kanopi Rumah

Atap dan kanopi rumah mempunyai fungsi yang hampir sama: keduanya melindungi bagian rumah Anda dari hujan dan panas matahari, terlepas dari bentuk dan lokasi penempatannya yang berbeda. Kedua elemen rumah ini juga bisa mempengaruhi penampilan sebuah rumah, apakah terkesan modern atau minimalis. Jadi, desain dari model kanopi rumah minimalis juga harus diperhatikan.

Komponen Kanopi dan Atap Rumah

Mari kita mulai pembahasan ini dari apa sih komponen pembentuk atap rumah? Apa sih kelebihan bahan-bahan (misalnya terakota, beton, fiber, aspal, sirap) dibanding yang lain? Pada artikel ini juga disediakan karakteristik dan perbandingan harganya.
Dalam hal memilih bahan untuk atap kanopi rumah minimalis Anda, sebaiknya pilih atap yang menggunakan bahan PVC khusus (Special PVC) daripada menggunakan atap berbahan metal. Kenapa? Atap dengan bahan PVC khusus sudah umum dipakai di Eropa dan negara-negara Asia lainnya, jadi ini merupakan sebuah best practice.

Macam-macam Bahan PVC Kanopi

Untuk bahan PVC special ini tersedia dalam berbagai tipe. Tipe-tipe PVC special ini adalah:
  1. PVC special tipe Solid (0% tembus cahaya)
  2. Semi Transparan (20% tembus cahaya)
Bahan ini pada umumnya memiliki garansi 10 tahun, dengan berbagai variasi pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda, misalnya biru, putih, krem, hijau, dan juga coklat muda.

Aplikasi Atap Kanopi PVC

Pengaplikasian bahan atap kanopi ini pada umumnya adalah di:
  • Atap gudang dan pabrik
  • Peternakan dan agrikultur
  • Rumah
  • Penghubung jalan
  • Garasi dan kanopi
  • Teras

Keunggulan Bahan Kanopi PVC

Beberapa keunggulan atap kanopi dengan bahan PVC khusus adalah :
  • Ruangan di dalam menjadi sejuk tanpa perlu insulasi
  • Rongga udara dengan sistem Twin Wall membantu mengurangi panas dengan cepat
  • Tidak akan berkarat selamanya
  • Anti bocor
  • Memiliki lapisan anti Ultra Violet
  • Tidak menjalarkan api dan listrik
  • Hemat rangka dan gording
  • Sangat kuat dan tidak akan pecah meski diinjak
  • Menggunakan Interlock System
  • Tahan terhadap asam dan garam
  • Kedap suara (tidak berisik) saat hujan.
Demikian artikel kali ini yang membahas tentang tip memilih model kanopi rumah minimalis, semoga bermanfaat.

0 Comments: