Lasciamis - Penggunaan kanopi untuk rumah tinggal sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Pemanfaatan paling umum biasanya dibuat untu...

Manfaat Penggunaan Kanopi Untuk Rumah Tinggal

Lasciamis- Penggunaan kanopi untuk rumah tinggal sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Pemanfaatan paling umum biasanya dibuat untuk area luar rumah yang difungsikan untuk menyimpan kendaraan.

Keberadaan kanopi di area luar rumah memang dapat melindungi kendaraan dari terik matahari ataupun cuaca hujan. Tujuannya agar kendaraan tetap dalam keadaan aman dari efek cuaca meski tidak berada di dalam ruangan.

Selain menjadi “garasi dadakan” sebagai fungsi standarnya, ternyata penggunaan kanopi di area luar rumah punya efek positif lain. Berikut rangkuman manfaatnya untuk jadi pertimbangan pemilik rumah memanfaatkan kanopi dengan lebih efektif.


Melindungi dari Efek Cuaca

Seperti yang dibahas sebelumnya, penggunaan kanopi membantu mengurangi dampak dari cuaca. Pemanfaatan ini sangat cocok untuk rumah di wilayah dengan cuaca ekstrem.

Area yang terlindungi oleh kanopi juga dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan.

Fungsi Ekstra Pada Area Luar Ruang

Penggunaan kanopi untuk area luar ruang bisa menambah fungsi bagi pemilik rumah. Area yang dinaungi kanopi bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan seperti rekomendasi berikut ini.

Area Taman

Penggunaan kanopi memungkinkan pemilik rumah untuk bisa menanam lebih banyak tanaman di area luar ruang. Faktor utamanya adalah intensitas cahaya, angin, dan air yang lebih terkondisikan jika area dinaungi kanopi.

Dukungan tersebut membuat tanaman-tanaman dengan ukuran lebih kecil dan rentan dapat tumbuh dengan aman. Pemilik rumah bisa menggunakan media-media seperti pot ataupun pagar untuk menanam tanaman merambat.

Area di bawah kanopi juga bisa dimanfaatkan untuk memelihara hewan seperti ikan hias ataupun ikan produksi.

Carport

Karena terlindungi dari pengaruh cuaca, pemilik rumah bisa merasa lebih aman untuk meninggalkan kendaraan di area yang dinaungi kanopi. Pilihan yang lebih efisien untuk pemilik rumah dengan mobilitas tinggi dibandingkan jika menggunakan garasi biasa.

Area Keluarga Serbaguna

Pemilik rumah yang memiliki putra dan putri, bisa menjadikan area dengan kanopi sebagai wilayah bermain dan berkumpul bersama.

Area yang cukup terbuka di bawah kanopi memberikan pengalaman yang lebih segar dibandingkan hanya di dalam ruangan saja. Pilihan ini juga memungkinkan aktivitas keluarga seperti makan bersama, barbeque, dan lain sebagainya.

Tempat Jamuan

Dengan tambahan furnitur luar ruang yang sesuai, pemilik rumah bisa menyulap area dengan kanopi menjadi tempat jamuan. Cara menata ruang seperti ini biasanya digunakan pemilik rumah yang ingin membatasi privasi keluarga.

Sehingga tidak setiap pengunjung rumah atau tamu yang datang masuk ke dalam ruang-ruang privasi. Jamuan luar ruang juga membantu suasana lebih cair dan segar.

Menambah Estetika dan Dekorasi

Pada pola desain yang lebih unik, kanopi bisa memberikan aksen khusus untuk bangunan dengan konsep minimalis. Unsur-unsur seni seperti ukiran ataupun motif tertentu bisa disisipkan pada atap kanopi untuk mendapatkan fungsi ini.

Menghemat Biaya Konstruksi

Pada pemanfaatan yang lebih kompleks, area di bawah kanopi bahkan bisa berubah fungsi seolah seperti ruang di dalam rumah seperti ruang makan, dapur, ataupun ruang keluarga semi terbuka.

Pemanfaatan yang demikian tentu menghemat lebih banyak biaya konstruksi dibandingkan membangun dinding, atap, langit-langit dan komponen lainnya secara normal.

Menghemat Biaya Listrik Rutin

Penggunaan area yang dilindungi kanopi juga akan mendapatkan cahaya dan sirkulasi udara yang cukup. Sehingga menghemat biaya listrik untuk keperluan pendingin ataupun kipas.

Menangkal Cahaya Berlebih

Keberadaan kanopi di sekitar teras ataupun area-area yang dekat dengan jalur keluar-masuk dapat membantu menjaga sirkulasi cahaya dengan baik.

Ruangan jadi tidak terlalu panas ataupun pengap akibat cahaya panas yang terus-menerus masuk ke dalam ruangan. ***.


0 Comments: